5 Mamfaat Memelihara Tanaman Didalam ruangan

2019-05-14 13:22:14

5 Mamfaat Memelihara Tanaman Didalam ruangan

Beberapa riset telah membuktikan bahwa memelihara tanaman di dalam ruangan tak hanya bagus secara estetika tapi juga punya banyak manfaat positif bagi diri kamu, dari mulai meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15%, mengurangi stres, serta memperbaiki mood kamu! Apa lagi kelebihannya? Simak di bawah ini ya!


1. Menghias ruangan

Satu tanaman hijau saja sudah dapat membuat ruangan paling polos sekalipun terlihat segar. Saat ini banyak tanaman indoor yang sedang naik daun karena bentuknya yang cantik dan Instagrammable seperti Monstera, Philodendron, Lili Paris, dan sebagainya. Namun, tak harus merogoh kocek dalam-dalam, tanaman indoor sederhana pun tetap akan terlihat menarik bila diletakkan dalam wadah yang unik. Mulai dari vas, pot gantung, perabotan vintage, hingga wadah terrarium atau kokedama, bola lumut khas Jepang yang bisa digantung sebagai dekorasi.


2. Memurnikan udara

NASA pernah meneliti bahwa tanaman dalam ruangan mampu menghilangkan sampai 87 persen racun di udara dalam waktu 24 jam. Selain itu, tanaman di dalam ruangan pun bisa menjaga kelembapan udara yang melindungi kita dari masalah pernapasan, batuk, dan sakit tenggorokan. Salah satu tanaman hias yang sedang hits adalah Lidah Mertua (Sansevieria) yang dipercaya tak hanya mampu menyerap polutan dalam udara, tapi juga menyerap radiasi berbahaya dari barang-barang elektronik dalam ruangan. 


3. Melawan sick building syndrome

Sering merasa stres atau kurang sehat di kantor? Bisa jadi kamu mengalami sick building syndrome yang merupakan kondisi kesehatan seperti pusing kepala dan masalah pernapasan yang umum menyerang para pekerja kantoran. Penyebabnya adalah lingkungan kantor yang kurang kondusif seperti ventilasi buruk, tingkat karbondioksida yang tinggi di satu ruangan, hingga efek pendingin ruangan (AC). Adanya tanaman di dalam ruangan kantor dapat menstabilkan denyut jantung, membantu masalah pernapasan, hingga mengurangi stres dan kecemasan untuk meningkatkan produktivitas. 


4. Membantu tidur lebih nyenyak

Banyak yang berasumsi tidur dekat tanaman tidak baik bagi tubuh karena akan berebut oksigen di udara. Namun, beberapa tanaman seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, dan palem kuning justru mengubah karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen di malam hari yang membuat tidur kamu lebih lelap. Beberapa tanaman lain seperti melati, lavender, dan gardenia bisa membantu tidur kamu lebih pulas bila diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan yang bisa membuat pikiran kamu relaks.


5. Mengurangi stres dan depresi

Ada studi yang menunjukkan menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stres. Merawat tanaman juga bisa menjadi salah satu cara melawan rasa depresi dan kesepian karena akan menumbuhkan motivasi dan memberikan kepuasan saat melihat tanaman yang kamu rawat mulai tumbuh.


Masih ragu dan takut tak bisa merawat tanaman? Mulai saja dengan kaktus atau sukulen yang mudah dipelihara.


1. Banyak yang mengira kaktus dan sukulen adalah tanaman yang sama. Hampir semua kaktus termasuk sukulen, tapi tidak semua sukulen adalah kaktus. Secara fisik, sukulen memiliki kelopak seperti daun, sementara kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun. Keduanya punya bentuk cantik dan beragam serta mudah dirawat dalam ruangan. 


2. Walaupun hanya membutuhkan perawatan yang minimal, namun baik kaktus dan sukulen tetap butuh waktu adaptasi saat diletakkan di tempat baru. Letakkan mereka di area yang cukup cahaya namun tak terpapar sinar matahari langsung.


3. Kesalahan paling umum merawat tanaman adalah memberi air terlalu banyak. Kelebihan air justru membuat kaktus dan sukulen membusuk. Penyemprotan tanaman cukup seminggu dua kali dengan menggunakan botol spray dan pastikan wadahnya memiliki lubang drainase untuk membuang air.

Messages